Tontonan yang Bagus dan Memberi Nilai Positif Pada Anak

8 bulan lalu, by duniabunda

tontonan anak yang bagus

Perkembangan media informasi dan hiburan ternyata tidak bisa Bunda pungkiri lagi. Di dunia hiburan sendiri, tontonan di televisi maupun internet juga semakin beragam. Anak-anak sudah bisa menikmati hiburan acara tv yang cocok sesuai usianya.

Jika Bunda kesulitan untuk mendapatkan referensi tontonan terbaik bagi anak, sesaat lagi Bunda akan mengetahui berbagai macam tontonan yang sudah beredar dan bisa diakses kapan saja. Si kecil bisa diarahkan untuk menikmatinya lewat televisi maupun akses internet.

Cara Memilih Tontonan yang Bagus Untuk Anak

Sebelum memberikan tontonan yang ada, ada baiknya Bunda memilah-milah kecocokannya dengan sang anak. Entah itu dari aspek secara umum maupun secara khusus, seperti hobi dan adaptasi dari mainan favoritnya. Apa saja yang perlu diperhatikan?

1.  Tontonan mudah dinikmati bersama Ayah dan Bunda

Keberadaan orang tua memudahkan anak untuk mengomunikasikan perasaan dan keinginan seusai menonton acara kesukaannya. Bunda bisa mendampinginya untuk mempraktikkan tontonan yang sekiranya juga bisa diarahkan sebagai aktivitas menyenangkan.

Pendampingan maksimal dari Bunda akan membantu anak untuk belajar mengenai kata-kata baru. Pertumbuhan dan perkembangannya semakin bermakna lewat banyak hal baru yang dipelajari bersama Ayah dan Bunda.

2. Perhatikan waktu yang tepat bersama anak

Jangan lupa untuk memperhatikan waktu menonton sesuai situasi dan waktu yang dimiliki anak-anak. Tentu Bunda tidak akan mengajaknya menikmati tontonan pada malam hari sesaat sebelum ia tidur, bukan?

Ketika sedang kosong, luang, dan membutuhkan kegiatan baru yang bisa dinikmati sambil bersantai, ajak anak untuk menonton acara interaktif yang ada.

3. Berikan tontonan yang edukatif untuk membuka pikiran dan wawasan

Di dalam kehidupannya, si kecil akan melihat banyak perbedaan dan keberagaman di sekitar. Bunda harus mempu mengedukasinya terlebih dahulu seputar keadaan tersebut supaya ia mampu beradaptasi menyesuaikan diri.

Tontonan mengenai kebudayaan dan keberagaman dari seluruh dunia bisa dikenalkan terlebih dahulu. Hal ini tentu bertujuan untuk memahami sudut pandang lingkungannya sekaligus mampu bersikap dengan cara yang positif.

4. Disarankan yang durasinya tidak terlalu lama

Anak-anak biasanya masih mudah bosan jika diperlihatkan tontonan yang panjang dan berat. Untuk itu, pilih yang ringan-ringan dulu untuk menyesuaikan umurnya. Tentu hal ini berpengaruh pada kenyamanan dan perasaan lebih menyenangkan.

Jika dirasa sudah mumpuni, berikan tontonan baru yang juga masih mampu dipahami dan diserap oleh anak. Lama-lama ia mampu mengeksplorasi hal-hal baru dari tontonannya.

5.  Carilah tontonan yang memberikan pelajaran seputar emosional dan sosial

Selama masa perkembangannya, anak-anak merupakan peniru yang pandai sebagai efek dari keberadaan lingkungannya. Setiap ungkapan dan ekspresi dalam pembelajaran tersebut menjadi tindakan nyata positif bagi sesama.

Ada banyak tontonan edukatif untuk mengajarkan hal-hal yang belum tentu diterima si kecil di sekolahnya. Perwujudan skill atau kemampuan sosial emosionalnya akan nampak jelas ketika Bunda tidak ada di sekitarnya.

Baca juga Rekomendasi Channel Youtube Anak yang Bagus dan Mendidik

Rekomendasi Tontonan Bagus dan Memberi Nilai Positif Untuk Anak

sesame street tontonan yang mendidik

sesame street : salah satu tontonan yang mendidik photo via bbc.co.uk

1. Upin dan Ipin

Berawal dari Malaysia, tentu Bunda dan si kecil sudah tidak asing dengan tontonan anak-anak yang satu ini. Mengisahkan dua bocah kembar bernama Upin dan Ipin yang menghadirkan cerita baru setiap harinya. Kedua anak ini membagikan kehidupan sosialnya sebagai anak-anak TK.

Dengan tingkah yang menggemaskan, anak Bunda bisa belajar banyak seputar kekeluargaan, pertemanan, kesopanan, dan nilai-nilai agama. Bunda dan si kecil juga akan menemukan karakter pendamping Upin Ipin yang lainnya, seperti Opah, Kak Ros, Mail, Fizi, Ehsan, Mei-Mei, Jarjit, serta Susanti.

2. Cocomelon

Sejak 2006, Cocomelon hadir untuk menemani anak-anak Bunda belajar banyak hal baru yang edukatif. Selain itu, channel YouTube yang satu ini menghadirkan berbagai macam lagu anak-anak sebagai hiburan sarat akan nilai pendidikan.

Beberapa contoh video yang dipertontonkan kepada anak-anak adalah Guess the Animal Sound, Wheel On the Bus, Old McDonald, Tap Dancing Song, hingga Five Sense Song. Secara tidak langsung, Bunda turut mengajarkan bahasa Inggris yang bermanfaat sedikit demi sedikit.

3. Peppa Pig

Hanya dengan durasi 5 menit setiap episode, anak-anak Bunda akan belajar banyak hal baru bersama Peppa Pig. Dikisahkan seekor anak babi bernama Peppa Pig yang masih mengenyam pendidikan prasekolah dan mendapatkan banyak pengalaman wawasan baru setiap harinya.

Bersama teman-temannya, Peppa ingin menunjukkan bahwa dunia kesehatan juga bisa dikenalkan kepada anak sejak dini. Bunda juga bisa menikmati alur kehidupan sehari-hari yang ringan, namun tetap menghibur. Contohnya adalah bersepeda, berkunjung ke rumah kakek nenek, maupun berenang.

4. Sesame Street

Jika diadaptasi dari bahasa aslinya, tontonan ini juga menjadi sarana belajar bahasa Inggris bagi anak-anak Bunda. Di sini, si kecil akan menikmati hiburan dan wawasan baru dari Elmo serta kawan-kawannya. Terasa menyenangkan dengan tingkah yang ikut-ikutan lucu.

Meskipun telah berusia lebih dari 50 tahun, Sesame Street tidak pernah berhenti untuk menghibur anak-anak di seluruh dunia. Ada banyak pelajaran, nyanyian, serta hiburan interaktif lainnya yang diberikan tokoh-tokoh kepada si kecil saat menontonnya.

5. Tayo the Little Bus

Dengan ciri khas lagu pengantarnya, Tayo nyatanya mampu menjadi tontonan bagus dan bernilai positif bagi perkembangan anak Bunda. Tidak terlalu dini untuk menambah wawasan seputar kendaraan serta cara yang benar dalam merawatnya. Tayo dan teman-teman akan menunjukkan itu semua.

Di samping pengenalan akan pengetahuan kendaraan, Tayo dan teman-temannya menjadi sarana perkenalan warna bagi anak-anak. Hal ini tentu dilihat dari berbagai macam warna bus yang ada di dalam serialnya. Mereka akan mengajak si kecil berkelana menuju tempat umum, misalnya halte kendaraan.

6. Curious George

Bunda dan si kecil akan menyaksikan petualangan-petualangan menakjubkan dari George, seekor monyet Afrika yang lucu menggemaskan. Ditemani juga oleh Pria Bertopi Kuning yang merawat si George sekaligus membantunya dalam menuntaskan setiap masalah

Ada banyak yang bisa dipelajari oleh anak-anak setiap kali menonton acara kartun ini. Jenis-jenis warna, angka, maupun bidang-bidang geometri menjadi dasar paling tepat bagi media pembelajaran buah hati. Selain itu, ada banyak pesan kehidupan yang bisa dipahami oleh si kecil, seperti mau memaafkan.

7.  Word World

Serial ini memang ditujukan secara khusus untuk anak Bunda yang masih duduk di bangku prasekolah dan mau belajar bahasa Inggris. Benar saja, setiap tokoh di dalam animasi ini memiliki tubuh yang tersusun dari rangkaian huruf penyusun namanya dalam bahasa Inggris.

Selain memberikan media pembelajaran dalam bahasa internasional tersebut, si kecil juga bisa belajar ragam huruf secara optimal. Mereka bisa belajar terlebih dahulu mengenai bentuk dari masing-masing huruf yang menyusun seluruh kata objek di sekitarnya.

8.  Little Einstein

Salah satu tontonan bagus yang memberikan nilai positif pada anak adalah Little Einsteins. Serial ini dirancang untuk memperkenalkan seni maupun kebudayaan dunia kepada anak-anak. Didominasi dengan kisah petualangan yang terjadi di antara empat orang sahabat, yaitu Leo, Quincy, June, dan Annie.

Ada berbagai seni rupa maupun musik-musik menyenangkan yang bisa dinikmati oleh Bunda dan si kecil. Tidak hanya itu, petualangan ini biasanya juga dibarengi dengan penyelesaian misi tertentu. Buah hati Bunda akan mendapatkan wawasan baru lagi seputar kosakata baru yang ringan dan mudah dipahami.

9.  The Magic School Bus Rides Again

Hadir dalam bentuk film maupun serial sebanyak 2 season, kisah petualangan bus sekolah ajaib ini bisa menjadi salah satu favorit anak-anak. Si kecil mudah mempelajari sains dalam bentuk yang lebih fresh, ringan, dan gampang dimengerti olehnya.

Miss Frizzle akan mengajak murid-muridnya untuk mengendarai bus di jalan darat, lautan, maupun udara. Berbagai petualangan seru dan imajinatif menanti mereka setiap hari. Tidak hanya mendapatkan wawasan seputar sains, si kecil akan merasa terhibur Ketika menontonnya bersama Bunda.

10. Nussa Official

Dengan bertemakan tontonan Islami untuk anak Indonesia, Nussa dan Rara akan menghibur anak Bunda dalam mempelajari agama dalam bentuk yang menyenangkan. Banyak pesan-pesan yang bisa diambil untuk diterapkan dalam kehidupan si kecil.

Selain menontonnya di YouTube, Bunda bisa menikmatinya bersama anak di televisi. Kedua tokoh utama ini semakin diramaikan dengan keberadaan Anta, si kucing peliharaan. Dengan ciri khas lucu dan menggemaskan layaknya anak kecil, tokoh-tokohnya sesuai dengan refleksi pribadi anak-anak.

11. Laptop Si Unyil

Di tahun 1980-an, Pak Raden membuat sebuah karakter bernama Si Unyil. Dengan mengusung perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini, Bunda dan si kecil akan diajak untuk mendatangi tempat-tempat menarik, seperti pabrik dari dalam negeri atau luar negeri.

Acara Laptop Si Unyil ini menunjukkan bagaimana barang atau makanan konsumsi sehari-hari bisa dibuat dan siap dijualbelikan. Tidak hanya menunjukkan proses yang ada, Si Unyil juga berinteraksi dengan beragam cerita menarik bersama Pak Ogah maupun Pak Raden.

12. Dunia Binatang

Menyuguhkan pengetahuan dan wawasan interaktif seputar hewan-hewan yang ada di seluruh dunia. Bunda bisa mengenalkan berbagai jenis hewan peliharaan, laut, daratan, dan lain-lain. Bersama Si Otan sebagai naratornya, si kecil juga ikut terhibur dengan tingkah narasi yang menggugah semangatnya.

Biasanya, acara ini memperkenalkan nama latin hewan, perkembangbiakannya, aspek-aspek penting dalam kehidupannya, sekaligus siklus hidup yang diceritakan dalam bentuk lugas. Si kecil mudah menangkap dan memahami setiap penjelasan dari Si Otan. Jangan lupa ditonton, ya Bun!

13. Our Planet

Bersama narasi dari Sir David Attenborough, si kecil akan melihat hal-hal dunia yang menakjubkan dan memberikan daya tarik tersendiri baginya. Dari lautan hingga hutan rimba, acara ini memang direkam secara khusus dari 50 negara di seluruh benua.

Penampakan planet sendiri bisa ditampilkan dalam bentuk yang mengesankan. Si kecil mudah semakin tertarik dengan keajaiban alam di dunia. Serial ini terbagi menjadi delapan bagian dan bisa disaksikan lewat penyedia layanan streaming berupa Netflix. Si kecil juga bisa belajar bahasa Inggris, lho Bun.

14. Si Bolang

Sejak tahun 2006, Si Bolang sudah menghadirkan hingga lebih dari 1000 episode dan terbukti kualitasnya dari banyaknya penghargaan yang diterima. Berbagai tema yang berrnilai Indonesia akan mengajarkan si kecil untuk mencintai tanah air.

Bunda dan si kecil akan disuguhkan ragam budaya dari Si Bolang di seluruh Indonesia, baik dari segi permainan maupun makanan tradisional. Si kecil juga mampu belajar banyak hal mengenai kekayaan alam di Indonesia tercinta. Anak-anak ikut berpetualang secara tidak langsung.

 

Berbagai macam tontonan bagus dan bernilai positif untuk anak-anak bisa diperkenalkan kepada si kecil kesayangan Bunda. Dampingi buah hati secara optimal supaya Bunda bisa melihat pertumbuhan dan perkembangan dari hal-hal yang menjadi tontonannya setiap saat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *