10 Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan Untuk Anak

3 bulan lalu, by duniabunda

vitamin penambah nafsu makan anak

Si kecil malas dan menolak untuk makan memang menjadi tekanan dan membuat Bunda menjadi kebingungan untuk mencukupi asupan nutrisi si kecil. Apalagi di saat masa-masa pertumbuhan yang membutuhkan makanan yang sehat dan bergizi. Asupan nutrisi yang kurang dapat menyebabkan si kecil menjadi lemas, bahkan dapat menurunkan berat badan si kecil. Hal tersebut tentunya dapat menganggu pertumbuhan dan perkembangannya. Oleh karena itu dibutuhkan tambahan suplemen dan vitamin sebagai penambah nafsu makan anak. Kali ini kami akan mengulas mengenai beberapa alasan si kecil menolak untuk makan dan tips atau cara yang bisa Bunda coba untuk meningkatkan nafsu makan si kecil.

Beberapa Alasan Anak Menolak untuk Makan dan Cara Mengatasinya

1.Anak Merasa Tertekan

Nah, kondisi emosi atau suasana hati si kecil juga dapat mempengaruhi keinginannya untuk makan. Jika anak merasa tertekan dengan ucapan, keinginan atau Bunda terlalu cemas dan memaksakan si kecil untuk makan, maka si kecil cenderung akan menolak untuk makan. Berikan kebebasan untuk si kecil untuk menentukan apa dan berapa jumlah yang akan dia makan. Secara normal, si kecil tentu akan merasa lapar, dan ketika ia lapar secara otomatis dia akan meminta Bunda untuk memberinya makanan. Jadi, khawatir boleh saja ya Bund, tapi jangan sampai terlalu memaksakan si kecil, sehingga membuatnya tertekan.

2.Menu yang Bunda Siapkan Tidak Disukai Oleh Si Kecil

Penelitian menyatakan bahwa anak akan lebih mudah untuk makan ketika mereka terlibat dalam pemilihan dan proses penyiapan makanan. Si kecil bisa saja tidak menyukai atau bosan dengan menu yang sudah Bunda siapkan, meskipun sebelumnya ia menyukai jenis makanan tersebut. Oleh karena itu, penting untuk mengikutsertakan si kecil dalam membantu Bunda berbelanja, selain dapat belajar mengenai jenis makanan yang ada di toko, si kecil juga bisa menentukan makanan apa yang ingin ia makan.

Selain itu, Bunda juga dapat melibatkan si kecil dalam proses memasak dan menyajikan makanan di meja makan. Biarkan si kecil mengatur sendiri bagaimana ia ingin menyajikan makanan di piringnya. Bunda juga dapat memilih menu dan tampilan makanan yang bervariasi agar si kecil tidak bosan dan tentunya makanan yang bervariasi juga dapat memenuhi kebutuhan gizinya.

3.Si Kecil Merasa Tidak Lapar

Terkadang hal ini dapat terjadi karena nafsu makan si kecil sulit untuk diprediksi. Setelah usia dua tahu, pertumbuhan si kecil melambat dan lebih stabil, sehingga rasa laparnya juga akan menurun. Jadi, tidak heran jika terkadang si kecil sangat suka makan, namun di hari lain ia merasa tidak ingin makan. Nah, jika si kecil mengatakan ia tidak lapar, maka Bunda bisa mencoba untuk menerima jawabannya, namun ingatkan si kecil bahwa tidak akan ada makanan lagi setelah makan malam berakhir.

4.Porsi Makanan Terlalu Besar

Nah, alasan yang satu ini sering tidak disadari oleh Bunda, padahal porsi makan yang terlalu besar dapat membuat si kecil tidak ingin makan di jam makan berikutnya. Mulailah dengan porsi yang kecil, jika si kecil masih lapar maka ia akan meminta tambahan makanan kepada Bunda. Namun, walaupun dengan porsi kecil Bunda juga harus tetap memastikan si kecil mendapatkan makanan yang bergizi seimbang.

5.Perhatian Si Kecil Teralihkan

Kebiasaan memberikan si kecil gadget, tablet atau menonton TV saat makan dapat membuat perhatian si kecil menjadi terganggu. Ia akan lebih fokus untuk bermain gadget atau menonton TV dibandingkan harus menghabiskan makanannya. Jika ini terjadi di rumah, maka Bunda harus bisa memberikan batasan kepada si kecil untuk tidak bermain atau menonton TV selama jam makan sampai ia menghabiskan makanannya.

6.Si Kecil Sedang Sakit

Ketika kondisi si kecil sedang tidak sehat atau merasa tidak enak badan, maka tentunya ia juga merasa tidak enak untuk makan. Hal ini bisa jadi suatu pertanda jika si kecil sedang sakit. Namun, pastikan si kecil tetap mendapatkan asupan makan, misalnya Bunda dapat menawarkannya untuk minum susu, makan kue, bubur, biskuit atau sup sehingga nafsu makannya dapat kembali. Bunda juga bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan anak yang juga dapat menjaga daya tahan tubuh si kecil agar tidak gampang sakit ya bun

7.Terlalu Banyak Minum Susu atau Jus

Minum susu boleh-boleh saja, namun usahakan tidak berlebihan atau tidak di dekat jam makan. Minum susu atau jus buah bisa membuat si kecil merasa kenyang dan menolak untuk makan. Bunda dapat membatasi anak untuk tidak minum susu lebih dari 500 ml/hari, namun jika si kecil suka minum jus maka batasi asupannya tidak lebih dari 125 ml/hari. Hindari juga si kecil untuk minum minuman ringan seperti cola atau pepsi. Kandungan gula yang tinggi dapat membuat si kecil merasa kenyang dan tidak ingin untuk makan lagi. Air putih merupakan cairan terbaik yang dapat Bunda berikan di selah-selah waktu makan untuk mencegah si kecil mengalami dehidrasi.

8.Terlalu Banyak Mengonsumsi Makanan Ringan

makanan manis dapat mengurangi nafsu makan

makanan manis dapat mengurangi nafsu makan

Tidak dapat dipungkiri bahwa anak-anak sangat menyukai makanan ringan, seperti biskuit, cokelat, atau kue. Makanan ringan yang terlalu banyak akan membuat anak merasa kenyang dan menolak untuk makan. Bunda harus menetapkan waktu yang tepat bagi si kecil untuk mendapatkan makanan ringan atau snack.

9.Si Kecil Terlalu Lelah

Aktivitas bermain, atau bersekolah bisa saja membuat si kecil menjadi sangat lelah. Hal ini membuat si kecil tidak memiliki energi untuk makan. Biasanya si kecil akan rewel, mudah menangis, terlihat menggosok-gosok matanya atau tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa ia kelelahan. Bunda dapat berdiskusi dengan si kecil dengan memotivasinya untuk makan beberapa suap sebelum tidur agar ia tidak kelaparan di malam hari. Selain itu, jika si kecil selalu terlihat lelah saat makan malam, mungkin si kecil butuh waktu istirahat yang lebih, berikan waktu si kecil untuk tidur siang atau Bunda dapat memajukan waktu makan malamnya.

10.Konstipasi atau sembelit

Konstipasi atau kesulitan buang air besar dapat mempengaruhi keinginannya untuk makan, namun mengenai kaitannya secara pasti masih belum bisa dijelaskan, mungkin karena perasaan penuh pada perut menyebabkan perut terasa tidak enak, sehingga menyebabkan si kecil menjadi tidak ingin untuk makan.

Nah, jika si kecil mengalami sembelit Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat pencahar untuk membantu si kecil untuk buang air besar. Dokter mungkin akan memberikan obat pencahar yang diberikan melalui dubur, pastikan Bunda membaca cara pakainya dengan benar ya.

Setelah masalah konstipasi teratasi, Bunda juga bisa menambahkan makanan dengan kandungan serat yang tinggi, seperti sayur dan buah-buahan untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan dan mencegah si kecil dari konstipasi.

11.Kekurangan Zink

Salah satu mineral yang mempengaruhi nafsu makan si kecil adalah zink. Selain itu, kekurangan zink dapat menyebabkan penurun berat badan, diare dan rentan terhadap infeksi. Bunda dapat memberikan makanan yang mengandung zink, seperti kacang mete, biji labu, bayam, jamur, atau Bunda dapat memberikan suplemen zink yang bisa Bunda dapatkan di apotek atau toko obat. Pastikan Bunda memberikan dengan dosis yang tepat.

12.Gangguan makan

Gangguan makan atau istilah medisnya disebut dengan Anorexia nervosa, kondisi ini biasanya sering ditemukan pada masa remaja, namun ternyata juga ditemukan pada anak usia 6 atau 7 tahun. Anorexia nervosa merupakan gangguan makan yang ditandai dengan penolakan makan yang diakibatkan karena takut bila berat badan bertambah dan gangguan persepsi pada bentuk tubuh. Nah, kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor biologis, psikologis dan sosial.

Faktor biologis diakibatkan karena adanya gangguan pada hormon yang mengatur nafsu makan di otak. Faktor sosial biasanya diakibatkan oleh kebiasaan lingkungan sekitar dalam menilai bentuk tubuh yang ideal adalah bentuk tubuh yang ramping atau langsing, sedangkan faktor psikologis dipicu oleh trauma. Misalnya ketika si kecil sering diejek atau di-bully karena memiliki bentuk tubuh yang lebih berisi. Akibatnya si kecil memiliki bahwa ia harus memiliki tubuh kurus dan menolak untuk makan.

Ciri-ciri anak mengalami gangguan makan atau anorexia

  1. Terjadi penurunan berat badan yang nampak jelas dari tubuh anak
  2. Anak menolak untuk makan atau mengaku tidak merasa lapar padahal ia belum makan seharian dan sebenarnya ia merasa lapar
  3. Anak selalu merasa bentuk tubuhnya tidak ideal dan terlihat ada ketidakpuasan anak terhadap bentuk tubuh yang dimilikinya
  4. Anak menolak untuk bergabung dalam kegiatan sosial karena merasa minder dengan bentuk tubuhnya
  5. Kadang juga terlihat anak dengan sengaja mengeluarkan makanan yang sudah dikonsumsi
  6. Anak menjadi suka berolahraga dan cenderung berlebihan
  7. Terjadi perubahan fisik pada anak, seperti kulit kering dan elastisitas kulit menurun, dehidrasi, terlihat lemas dan tidak bertenaga, dan sering mengeluh pusing dan sakit perut.

Nah, jika si kecil memiliki tanda-tanda gangguan makan seperti ini harus segera ditangani ya Bunda, karena kondisi ini dapat menimbulkan komplikasi yang membahayakan tubuh si kecil. Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat, terutama jika si kecil sudah mengalami malnutrisi atau kekurangan cairan.

Produk Rekomendasi Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Selain beberapa cara di atas Bunda juga bisa memberikan vitamin penambah nafsu makan untuk anak. Nah berikut review vitamin dan suplemen penambah nafsu makan yang bisa dikonsumsi untuk bayi di atas 1 tahun yang susah makan. Dan ada juga yang bisa dikonsumsi untuk dewasa. Harganya sendiri cukup terjangkau dan bisa dibeli di apotik terdekat ya bun.

1. Curcuma Plus

vitamin penambah nafsu makan anak - curcuma plus syrup

vitamin penambah nafsu makan anak-curcuma plus syrup

Nah Curcuma Plus merupakan vitamin untuk anak anak yang mengandung ekstrak temulawak. Temulawak sendiri sudah dikenal sejak dulu sebagai obat untuk menambah nafsu makan. Selain ekstrak temulawak, suplemen ini juga mengandung multivitamin yang berperan dalam menjaga daya tahan tubuh si kecil dan juga untuk menambah nafsu makan si kecil.
Tersedia dalam rasa jeruk yang enak sehingga tidak menyulitkan bunda untuk memberikan pada si kecil. Disamping itu harganya cukup terjangkau

2. Vidoran Total Care

vitamin penambah nafsu makan anak - vidoran total care

vitamin penambah nafsu makan anak – vidoran total care

Jika si kecil susah makan dan gampang sakit. Bunda bisa mencoba suplemen VIdoran Total Care. Suplemen ini mengandung formula lengkap yaitu Vitamin C, Kalsium, Vitamin D dan Omega 3. Vitamin C berfungsi untuk meningkatkan daya tahan si kecil agar tidak gampang sakit. Sedangkan Kalsium, Vitamin D dan Omega3 berperan dalam pertumbuhan tulang dan perkembangan otak si kecil dan tentunya dapat memperbaiki nafsu makan si kecil juga.

3. Curmunos Syrup

curmunos syrup

curmunos syrup

Sirup Curmunos merupakan vitamin untuk membantu menjaga sistem kekebalan dan daya tahan tubuh di masa pertumbuhan. Vitamin ini mengandung Echinacea dan Curcumin yang dapat meningkatkan nafsu makan anak. Sirup ini sudah bisa diberikan pada anak umur 6 bulan ke atas sesuai dosis yang dianjurkan dan bisa diminum baik sebelum dan sesudah makan. Dan harap untuk dihabiskan sebelum 8 minggu ya bun. Karena sirup yang sudah dibuka dalam waktu lebih dari 8 minggu dapat rusak kandungan vitaminnya.

4.Xanvit Syrup

xanvit syrup

xanvit syrup

Vitamin penambah nafsu makan anak selanjutnya adalah Sirup Xanvit. Sirup ini selain untuk anak anak juga bisa dikonsumsi oleh orang dewasa, tentunya harus dikonsumsi sesuai dosis anjurannya yang bisa di baca dalam kemasan. Sirup Xanvit kaya akan ekstrak kurkuma dan VItamin B yang baik untuk stamina dna memperbaiki nafsu makan.

5. Curvit CL Emulsion

curvit syrup

curvit syrup

Curvit CL Emulsion merupakan multivitamin yang baik untuk pertumbuhan dan menambah nafsu makan. Dengan kandungan kalsium, curcuma, FOS dan minyak ikan kod, multivitamin ini dapat membantu menambah stamina dan meningkatkan kecerdasan otak anak.

6.Seven Seas Becombion Lysine

Becombion Syrup

vitamin penambah nafsu makan anak – Becombion Syrup

Seven Seas Becombion Lysine hadir dengan komposisi vitamin B kompleks yang baik untuk memenuhi kebutuhan akan vitamin B dalam tubuh. Suplemen ini baik untuk meningkatkan nafsu makan dan menjaga kesehatan. Hadir dengan rasa buah buahan yang enak sehingga pasti disukai oleh si kecil.

7.Vitacur Sirup

vitacur syrup

Vitamin penambah nafsu makan anak- vitacur syrup

Vitacur sirup mengandung ekstrak kurkuma, Vitamin B, Vitamin D dan Kalsium. Suplemen ini berkhasiat untuk menambah nafsu makan anak dan memelihara stamina yang sangat penting dalam masa pertumbuhannya

8.Sirup Likurmin

Likurmin Syrup

Likurmin Syrup

Dikemas dalam botol yang menarik. Likurmin sirup hadir dengan rasa jeruk manis yang pastinya sangat disukai anak anak. Jika si kecil susah makan, bunda bisa memberikan sirup ini sebelum atau sesudah makan cukup 1-2 sendok takar 5 ml perhari ya bun. Dilengkapi dengan multivitamin, ekstrak kurkuma dan asam amino, suplemen ini berkhasiat untuk menambah nafsu maka anak dan menjaga kesehatannya juga.

9.Elkana Sirup

Elkana Syrup

Elkana Syrup

Berat badan si kecil susah naik? Bunda bisa coba berikan Elkana Sirup untuk si kecil. Sirup ini juga bisa dikonsumsi oleh orang dewasa yaitu sebagai pelengkap nutrisi pada masa kehamilan dan menyusui. Dikarenakan sirup ini kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang yang dibutuhkan dalam masa pertumbuhan.
Elkana memiliki 2 varian yaitu Elkana Sirup biasa dan Elkana CL emulsi. Untuk varian dengan CL Emulsi terdapat kandungan cod liver oil, kurkuma dna AA-DHA yang baik untuk menambah nafsu makan pada anak.

10.Biostrum Sirup

Biostrum Syrup

Biostrum Syrup

Mengandung zat aktif colostrum bovine, Biostrum Sirup adalah supplemen makanan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dalam melawan infeksi pada tubuh kita. Selain itu kandungan cod liver oil, zinc dan multivitaminnya dapat memperbaiki nafsu makan, memenuhi kebutuhan vitamin dan baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Kemasan perbotolnya berisi 100 ml dan bisa dikonsumsi dengan makanan.

Nah, jika masalah makan terus berlanjut, misalnya berat badan si kecil cenderung turun dan terlihat tanda-tanda si kecil menjadi lemas atau lesu, maka sebaiknya Bunda berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan rekomendasi dokter untuk pengobatannya . Semoga informasi dan beberapa tips yang sudah kami berikan dapat membantu Bunda yang sedang kebingungan menghadapi si kecil yang sulit makan. Ikuti terus website kami untuk mendapatkan informasi yang menarik dan bermanfaat lainnya.

Baca juga Cara Untuk Mengatasi Anak yang Susah Makan dan Manfaat Minyak Ikan untuk Perkembangan dan Kesehatan Otak Anak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *