15 Merk Vitamin Untuk Ibu Hamil Yang Bagus dan Aman

2 tahun lalu, by duniabunda

vitamin untuk ibu hamil yang bagus

Selama kehamilan tentunya ibu hamil harus mengkonsumsi makanan yang sehat dan kaya akan nutrisi lengkap untuk memastikan kesempurnaan tumbuh kembang si kecil. Namun, tidak semua makanan mengandung sumber nutrisi lengkap yang dibutuhkan oleh janin. Sehingga Bunda perlu untuk mengkonsumsi vitamin prenatal. Berikut pilihan merk vitamin untuk ibu hamil yang bagus untuk Bunda konsumsi selama kehamilan untuk memastikan janin yang Bunda kandung mendapatkan nutrisi yang cukup.

Selain untuk melengkapi kebutuhan nutrisi bagi si kecil, fungsi vitamin untuk ibu hamil ini juga untuk menghindari resiko gangguan pada ibu dan pertumbuhan janin yang dikandung karena kekurangan nutrisi pada ibu hamil.

Nah, berikut tips memilih vitamin terbaik dan merk rekomendasinya agar ikut memberikan manfaat lebih bagi si kecil di dalam perut. Namun sebelumnya, yuk ketahui dulu apa saja jenis vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Apa saja jenis vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil?

Vitamin A

Vitamin untuk ibu hamil yang diperlukan adalah vitamin A. Selain untuk meningkatkan kesehatan mata bagi sang ibu dan janinnya, vitamin A juga memiliki manfaat lain. Diantaranya adalah untuk meningkatkan sistem ketahanan tubuh dan meningkatkan stamina tubuh agar tidah cepat lelah. Vitamin A ini juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit sang ibu selama masa kehamilan sehingga tetap lembut dan juga menghindarkan rambut dari bahaya kerontokan. Sumber vitamin A ini banyak terdapat di wortel, susu, kuning telur ayam, sayuran yang berwarna hijau dan kuning

Vitamin B1

Berfungsi untuk melancarkan pencernaan, mengatasi rasa perut yang tidak nyaman, menghilangkan rasa mual dan muntah. Karenanya vitamin ini sangat penting sekali terutama di masa awal kehamilan karena bisa meringankan gejala morning sickness. Sumber vitamin B1 ini terdapat di kacang-kacangan, gandum, yeast dan hati. Di trimester akhir kehamilan juga disarankan memperbanyak vitamin B1 untuk membantu produksi ASI

Vitamin B2

Sangat berguna di awal kehamilan karena dapat membantu perkembangan embrio dan memperkuatnya. Banyak mengkonsumsi vitamin ini dapat menghindarkan dari resiko kegururna. Vitamin B2 banyak terdapat di sayuran hijau, telur, susu, keju dan brokoli

Vitamin B3

Vitamin ini juga bisa membantu menghilangkan rasa mual akibat morning sickness. Namun yang lebih penting lagi vitamin B3 ini dapat membantu perkembangan otak janin dan juga menghindarkan sang ibu dari resiko pendarahan. Sayuran hijau, susu, kacang-kacangan dan hati dipercaya menjadi sumber vitamin ini

Vitamin B5

Vitamin ini yang membantu pembentukan sel-sel darah merah sehingga sang ibu terhindar dari anemia dan rasa pusing berlebihan. Untuk mendapatkan vitamin B5 ini harus rajin mengkonsumsi hati, kacang tanah, telur dan keju

Vitamin B6

Vitamin ini berfungsi untuk menghancurkan lemak dalam tubuh dan memprosesnya menjadi energi. Ibu hamil sangat memerlukan vitamin ini terlebih kondisi kehamilan yang sering menyebabkan rasa lelah dan lemas. Selain itu vitamin ini berfungsi pula meningkatkan kekebalan tubuh. Gandum, susu, kacang kedelai dan ikan adalah sumber vitamin B6

Vitamin B12

Memiliki fungsi untuk membantu membntuk sel-sel darah merah sehingga lebih memaksimalkan perkembangan janin. Vitamin B12 dapat diperoleh dengan mengkonsumsi rumput laut, daging sapi, telur dan susu

Vitamin C

Ibu hamil sangat memerlukan zat besi dalam tubuhnya, dan vitamin C membantu penyerapan zat besi dengan baik. Selain itu antioksidan vitamin C membantu menangkal radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Sumber vitamin C adalah sayuran yang berwarna merah, kuning dan hijau seperti pepaya dan jeruk

Vitamin D

Diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang sang ibu, merangsang kontrol gerakan pada janin juga menghindarkan gejala hipertensi dan diabetes selama kehamilan. Susu, jamur, minyak ikan kod dan kacang kedelai merupakan sumber vitamin D

Vitamin E

Berfungsi menjaga keelastisan kulit pada ibu hamil, terlebih setelah proses persalinan. Peregangan kulit yang terjadi bisa dikembalikan secara perlahan dengan rajin mengkonsumsi minyak zaitun, kacang-kacangan dan buah alpukat

Vitamin K

Memiliki fungsi untuk membentuk darah merah agar ibu hamil tidak mudah merasa lemas dan lebih berenergi. Ketersediaan darah yang cukup juga sangat penting bagi kelangsungan hidup janin. Vitamin K banyak terdapat pada jenis sayuran hijau yang juga banyak mengandung berbagai macam vitamin ibu hamil.

Tips Memilih Merk Vitamin Untuk Ibu Hamil Yang Bagus

1. Pastikan zat gizi yang dibutuhkan

Asam folat, zat besi, dan kalsium adalah tiga nutrisi penting bagi ibu hamil dalam setiap trimester. Biasanya, asam folat sangat krusial karena berperan dalam pembentukan struktur otak serta sumsum tulang belakang.

Sedangkan, kalsium menjadi penyokong bagi pembentukan tulang, otot, gigi, maupun sistem saraf pada janin. Zat besi adalah zat gizi lain yang menjaga janin dan Bunda dari risiko anemia. Jika janin kekurangan zat besi, Bunda harus hati-hati dengan kelahiran premature atau berat bayi lahir rendah.

Meskipun ada ragam kebutuhan yang lain, perlu diketahui bahwa ketiga zat esensial ini penting sebagai asupan kehamilan.

2. Periksa dan sesuaikan asupan makanan dengan nutrisi yang harus dipenuhi

Setiap kali makan, Bunda bisa jadi sudah kenyang dan punya anggapan bahwa makanan yang dikonsumsi sudah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi. Namun, jangan salah sangka dulu. Coba periksa kembali makanan apa yang mampu memenuhi dan nutrisi apa yang masih kurang selama hamil.

Misalnya, Bunda memiliki kemudahan untuk makan sayuran, namun sulit memperoleh ikan yang kaya Omega 3. Maka, vitamin yang perlu disiapkan harus mengandung Omega 3 untuk menuntaskan kebutuhan Bunda dalam hal asupan.

3. Konsultasikan ke dokter untuk informasi yang lebih rinci

Bunda merasa kesulitan untuk menentukan merk vitamin untuk ibu hamil yang bagus? Bunda disarankan untuk menemui dokter atau tenaga kesehatan yang berkompeten untuk mengatur pola makan sehat serta kecukupan vitamin yang diperlukan.

Selain memberikan banyak informasi untuk memilih vitamin, Bunda bisa mencari tahu zat gizi apa yang perlu dipenuhi dan dirasa kurang jika diperoleh lewat makanan saja.

Dokter atau tenaga kesehatan akan memandu serta ikut memantau keberadaan asupan nutrisi dalam bentuk olahan makanan maupun vitamin yang memadai.

Baca juga Rekomendasi Susu Untuk Ibu Hamil yang Bagus

Rekomendasi 15 Merk Vitamin Untuk Ibu Hamil yang Bagus

1. Blackmores i-Folic

Blackmores i-Foli

Blackmores i-Folic photo via watsons.co.id

Harga: Rp153.000,00

Dengan kemasan berisi 150 kapsul, produk Blackmores ini menjadi kombinasi khusus dari asam folat dan yodium bagi ibu hamil. Keduanya bekerja mencegah spina bifida sekaligus menunjang perkembangan janin.

Yodium bermanfaat untuk membentuk perkembangan dan pertumbuhan otak janin. Selain itu, dosis harian asam folat sebanyak 500 mampu menjaga sistem saraf janin selama masa konsepsi dan memaksimalkan potensinya.

Salah satu arahan yang perlu diperhatikan adalah hindari mengonsumsinya bersama vitamin asam folat sejenis lainnya.

2. Folamil Genio

Folamil Genio photo via lazada.co.id

Harga: Rp154.000,00

Produk ini membantu memenuhi kebutuhan zat vitamin maupun mineral pada ibu hamil agar memberikan kecukupan nutrisi terbaik.

Mengandung asam folat dalam jumlah cukup dan termasuk dalam kategori obat bebas. Obat ini berisi 30 kapsul lunak yang juga dikombinasikan dengan zat gizi penting lainnya. Dirancang secara khusus dalam membantu masalah kekurangan gizi pada ibu hamil serta janin.

Beberapa zat lain yang bisa Bunda temukan pada vitamin ini adalah asam folat, beta karoten, vitamin B1, vitamin B6, vitamin B12, dan lain-lain. Agar tetap aman dan memberikan efek dengan baik, sebaiknya Bunda konsumsi dalam batas serta dosis yang disarankan, tidak berlebihan.

3. Hemobion

Hemobion

Hemobion photo via kalcare.com

Harga: Rp18.000,00-Rp30.000,00

Jika mendengar nama vitamin ini, apakah Bunda tiba-tiba terlintas seperti sejenis produk untuk melawan anemia? Betul, Bun. Kebutuhan akan zat besi termasuk penting bagi ibu hamil dan vitamin ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Dalam satu strip, Bunda akan mendapatkan 10 kapsul vitamin yang bisa diminum satu kali dalam sehari. Terdapat komposisi Fe fumarate, folic acid, vitamin B12, vitamin C, Ca carbonate, dan Cholecalciferol yang menunjang kehamilan Bunda.

Salah satu efek samping dari konsumsi zat besi ini mengakibatkan feses menjadi warna hitam. Hindari jika ada alergi tertentu karena komposisi dari vitamin ini.

4. Hydromamma

Hydromamma

Hydromamma photo via mall.shopee.co.id

Harga: Rp60.000,00-Rp120.000,00

Hadir dalam bentuk sachet bubuk yang bisa dikonsumsi ketika dilarutkan dalam air. Minuman vitamin ini ikut membantu mencukup kebutuhan hidrasi harian Bunda sepanjang hari.

Termasuk tinggi vitamin C dan asam folat supaya nutrisi perkembangan janin serta kesehatan Bunda tetap terjamin. Memanfaatkan ekstrak buah alami yang lezat dan tidak menggunakan pewarna atau pemanis buatan.

Selain ibu hamil, vitamin ini boleh dikonsumsi oleh ibu muda, ibu menyusui, ibu aktif, serta masyarakat lainnya tanpa memandang usia. Mampu memberikan daya tahan tubuh dan memaksimalkan ASI saat Bunda menyusui.

5. ELKANA

Harga: Rp8000,00-Rp21.000,00

Salah satu indikasi untuk mengonsumsi vitamin ini adalah perbaikan defisiensi vitamin serta mineral yang Bunda dan janin butuhkan selama masa kehamilan.

Vitamin ini bekerja untuk melengkapi masa-masa kehamilan, menyusui, serta pertumbuhan agar terjadi lebih optimal. Komposisi yang melengkapinya adalah Ca phosphate, Ca lactate, vitamin B6, vitamin C, serta vitamin D3.

Bunda bisa menggunakannya sebelum atau sesudah makan. Boleh dicampurkan bersama makanan agar absorpsi cenderung lebih baik. Masalah pencernaan tetap merasakan kenyamanan ketika menyerap gizi dari vitamin ini.

6. Nature’s Plus Folic Acid Hearts

Nature’s Plus Folic Acid Hearts photo via iherbs.com

Harga: Rp150.000,0-Rp300.000,00

Salah satu indikasi penting yang bisa diambil oleh ibu hamil dari vitamin ini adalah pencegahan Neural Tube Defect serta perbaikan laktasi.

Kandungan utamanya terdiri dari asam folat, vitamin B12, dan vitamin B6. Dosis yang dianjurkan adalah satu kali sehari. Jika Bunda sudah memenuhi kebutuhan asam folat dengan produk ini, jangan gunakan jenis lain dari Nature’s Plus karena sudah ada kecukupan tersendiri.

Jika Bunda ketahui lebih lanjut, vitamin ini juga memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan kardiovaskuler, pencegahan terhadap anemia, menunjang kelangsungan pencernaan, hingga menghindari rambut rontok atau beruban dini.

7.Herbs of Gold Pregnancy Plus

Herbs of Gold Pregnancy Plus

Herbs of Gold Pregnancy Plus photo via shopee.co.id

Harga: Rp130.000,00

Sebanyak 60 tablet vitamin yang mengandung 23 nutrisi penting bagi kepenuhan nutrisi Bunda serta pertumbuhan janin.

Diperuntukkan secara khusus bagi Bunda yang sedang menjalani konsepsi, kehamilan, sampai menyusui. Kandungan asam folat mampu menjaga masa keemasan mengandung sampai perkembangan sistem saraf janin menjadi lebih maksimal.

Mengandung metilkobalamin atau bentuk aktif dari vitamin B12 dalam membantu replikasi DNA, pembelahan sel, serta pertumbuhan yang penting. Diformulasikan dalam dosis dua kali sehari agar dapat diserap tubuh secara menyeluruh.

8. FOLAVIT

folavit

FOLAVIT photo via kalcare.com

Harga: Rp9.000,00-Rp22.000,00

Vitamin ini diindikasikan untuk memelihara kesehatan, pertumbuhan janin, hamil dan menyusui, hingga Bunda dengan defisiensi asam folat.

Bekerja untuk menjaga dan memelihara kesehatan sistem saraf serta membentuk sel darah merah yang bermanfaat bagi penyaluran oksigen ke seluruh tubuh. Ada beberapa anjuran dosis yang disesuaikan kondisi kebutuhan Bunda saat itu.

Seiring kebutuhan asam folat yang perlu dipenuhi, vitamin ini cocok untuk Bunda. Sebagai perhatian, sebaiknya tidak dipakai untuk pengobatan tunggal anemia pernisiosa maupun defisiensi B12. Diminum sebelum atau sesudah makan.

9. Lactamed

 

lactamed

Lactamed photo via shopee.co.id

Harga: Rp116.000,00-Rp193.000,00

Mengandung minyak ikan, EPA/DHA, pyridoxine, dan asam folat yang bermanfaat bagi perkembangan janin dari hari ke hari.

Mampu memenuhi kebutuhan vitamin B6 serta asam folat bagi wanita yang hamil dan menyusui. Menggunakan bentuk kapsul yang bisa dikonsumsi sebanyak satu kali sehari. Setiap botolnya berisi 30 kapsul untuk diminum secara rutin.

Sebaiknya vitamin ini tidak dikonsumsi oleh Bunda yang mempunyai riwayat alergi pada komposisi tertentu. Konsultasikan pada dokter jika muncul efek samping yang tidak sesuai indikasi agar mendapatkan masukan lebih lanjut.

10. OSFIT DHA

OSFIT DHA

OSFIT DHA photo via farmaku.com

Harga: Rp47.000,00-Rp93.000,00

Indikasi khusus dari vitamin ini adalah pemenuhan suplemen DHA dan Ca bagi Bunda selama hamil sampai menyusui. Komposisi penting lain yang juga dimasukkan adalah vitamin D3 dan minyak ikan tuna.

Bermanfaat untuk memenuhi keperluan kalsium bagi pembentukan tulang janin selama masa pertumbuhan di dalam kandungan. Selain itu, ada dampak positif bagi perkembangan saraf, otak, serta penglihatan si kecil.

Bunda bisa mengonsumsinya sebanyak 1 sampai 2 kapsul dalam satu hari. Dapat diminum sebelum, sesudah, maupun dicampurkan pada makanan demi penyerapan lebih baik. Memungkinkan bagi Bunda yang punya masalah pencernaan.

11.  Prolacta with DHA for Mother

Prolacta with DHA for Mother

Prolacta with DHA for Mother photo via lazada.co.id

Harga: Rp50.000,00-Rp108.000,00

Merupakan suplemen untuk ibu hamil sebagai sarana akselerasi pertumbuhan otak janin serta kecukupan nutrisi yang senantiasa meningkat.

Komposisi lengkapnya terdiri dari EPA 20 mg, vitamin E 10 mg, serta Natural Fish Oil providing DHA 214 mg. Penggunaannya direkomendasikan satu kali sehari dengan ketersediaan 10 tablet dalam setiap stripnya.

Bunda perlu mempertimbangkan pemakaiannya jika punya alergi atau hipersensitif tertentu pada komposisi Prolacta yang satu ini. DHA pada vitamin ini akan mempercepat terjadinya pematangan pada sistem saraf maupun penglihatan.

12.  Promavit

promavit

Promavit photo via merekbagus.co.id

Harga: Rp34.000,00-Rp68.000,00

Sebagai multivitamin dan mineral bagi ibu hamil serta menyusui. Mampu menunjang perkembangan janin supaya tumbuh secara lebih optimal.

Ada banyak formulasi penting dari nutrisi yang mencukupi ibu hamil, yaitu minyak ikan tuna, Omega 3, DHA, asam folat, vitamin A, vitamin D3, vitamin B kompleks, Ca carbonate, Mg oxide, hingga Fe fumarate yang membantu pembentukan sel darah merah.

Dengan kombinasi yang lengkap dari sebuah multivitamin, produk ini bisa dikonsumsi saat makan sebanyak 2 kapsul dalam satu hari. Komponennya bekerja aktif agar mudah terserap oleh tubuh ibu yang sedang hamil.

13.  Garden of Life Vitamin Code Raw Prenatal

Garden of Life Vitamin Code Raw Prenatal

Garden of Life Vitamin Code Raw Prenatal photo via iherb.com

Harga: Rp650.000,00

Merupakan formula multinutrisi lengkap dan komprehensif, diformulasikan secara khusus dalam memenuhi cakupan kebutuhan zat gizi kehamilan.

Menariknya, produk ini mengandung ekstrak buah dan sayuran yang ditanam secara organik bersama antioksidan, vitamin, dan kofaktor terbaik untuk memberikan kehamilan berkualitas. Telah lulus sertifikasi NSF Gluten Free hingga Star K-Kosher.

Mengandung 800 mcg asam folat dan 27 mg zat besi yang aman bagi kesehatan lambung maupun pencernaan. Meskipun tergolong agak mahal, nyatanya produk ini menjamin keamanan tanpa mengandung pewarna sintetis, pemanis buatan, atau bahan sintetis lainnya.

14.  Puritan’s Pride Prenatal Vitamins

Puritan’s Pride Prenatal Vitamins

Puritan’s Pride Prenatal Vitamins photo via lazada.co.id

Harga: Rp325.000,00

Mengandung 800 mcg asam folat dan menjadi sumber kalsium yang baik bagi kekuatan tulang Bunda serta janin. Sehingga bisa dikatakan sebagai salah satu rekomendasi suplemen kalsium untuk ibu hamil. Selain itu suplemen dirancang coated agar lebih mudah dikunyah atau ditelan.

Suplemen yang satu ini mampu melengkapi keperluan nutrisi Bunda selama masa kehamilan berlangsung sampai menyusui si kecil secara eksklusif. Kandungan asam folat yang tercukupi akan menjaga si kecil dari kelainan pada sistem saraf maupun otak.

Mengandung kalsium dan zat besi yang saling mendukung dalam mendampingi perkembangan janin selama dalam kandungan. Vitamin ini memasukkan yodium dalam porsi secukupnya untuk memenuhi kebutuhan harian Bunda.

15.  Nature Made Prenatal Multi + DHA

Nature Made Prenatal Multi + DHA

Nature Made Prenatal Multi + DHA photo via shopee.co.id

Harga: Rp450.000,00-Rp550.000,00

Diformulasikan secara ilmiah bersama vitamin dan mineral esensial untuk perkembangan janin serta kesehatan Bunda. Mengandung 200 mg DHA untuk mendukung pertumbuhan otak, sarah, dan penglihatan si kecil.

Asam folat, zat besi, dan kalsium melengkapi nilai fungsi vitamin ini untuk dikonsumsi secara rutin. Komposisi lain yang bisa ditemukan adalah berbagai vitamin, magnesium, dan zinc.

Tersedia dalam pilihan 60 atau 90 kapsul dalam satu wadah yang fleksibel. Telah terbukti secara klinis memberikan manfaat besar bagi perkembangan janin pada penyerapan masing-masing zat gizinya.

 

Nah selain mengkonsumsi makanan yang sehat untuk ibu hamil, pilihan merk vitamin untuk ibu hamil yang bagus di atas bisa Bunda pertimbangkan konsumsinya. Pastikan produk tersebut mampu mencukupi kebutuhan nutrisi harian Bunda secara optimal demi perkembangan si kecil di dalam perut. Sudah siap, Bunda?

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *